Kamis, 06 September 2012

PELUNCURAN BUKU "BEST PRACTICES" POLDA ACEH " MEMIMPIN DENGAN NURANI"


 Hotel Hermes Palace Banda Aceh



Buku Memimpin Dengan Nurani (MDN) Penulis Drs. H. Iskandar Hasan, SH.MH (Kapolda Aceh) telah resmi diluncurkan. Latar belakang penulisan dan mengapa beliau menulis buku ini dilatari pengalaman-pengalaman terbaik (best practices) selama dua tahun terakhir (2011-2012) saat menulis menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh. MDN ditulis untuk mendokumentasikan pencapaian Polisi Aceh sekaligus menjadi bahan evaluasi, agar penerapan program-program unggulan dan teknik-teknik kepemimpinan yang dituangkan dalam buku ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi semua anggota Polri ; para Bintara, para Perwira calon Pemimpin masa depan, bahkan seluruh komponen masyarakat Indonesia. Lebih khusus lagi, buku ini bisa menjadi referensi untuk para Perwira atau pejabat baru yang akan, sedang dan akan bertugas di Aceh. Supaya mereka bisa dengan mudah memahami apa yang akan dihadapi, termasuk pencapaian-pencapaian apa saja yang telah dicapai melalui program reformasi Polri Aceh sebagai landasan dalam menentukan kebijakan dan strategi yang akan diterapkan. Penulis MDN dibantu oleh Lembaga Suargalang Keadilan, dan International Organization for Migration (IOM) membantu mencetak 1.000 buah buku melalui program Dukungan terhadap Konsolidasi Reformasi Polri Aceh. Buku MDN rencananya akan dibagikan kepada semua kalangan, termasuk para kepala kesatuan kewilayahan di Aceh dan luar Aceh.


 contoh buku


Pengantar Iskandar Hasan

Assalmu’alaikum Warahmatullahi-Wabarakatuh,
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi Rahmat dan Karunia-Nya hingga penyusunan buku berjudul “Memimpin Dengan Nurani” dapat diselesaikan.
Misi buku ini adalah untuk mendokumentasikan pencapaian Polda Aceh. Buku ini juga dapat menjadi bahan evaluasi, bahwa polisi di Aceh sudah lulus satu ujian lagi. Polda Aceh telah melalui banyak ujian di masa lalu dan tentu akan ada ujian-ujian lain di masa datang. Polda Aceh menganggap penerapan program-program unggulan ini sebagai pembelajaran, best practices yang tentu saja bisa dijadikan pembelajaran oleh daerah lain.
Melalui proses pembangunan kepercayaan dan kemitraan dengan masyarakat, Insyaallah dengan dukungan seluruh masyarakat,  polisi akan menjadi lebih profesional di masa datang untuk mewujudkan pelayanan prima (strive for excellence). Semoga Kepolisian Negara Republik Indonesia selalu jaya dan dicintai masyarakatnya.
Dasar pemikiran yang lain, semoga buku ini bisa menjadi referensi bagi anggota Polri di Polda-polda lain, para bintara, para perwira calon pemimpin masa depan dan seluruh komponen masyarakat Indonesia.  Hingga ketika para perwira atau pejabat baru akan berangkat bertugas di Aceh, bisa mudah memahami apa yang dihadapi, pencapaian-pencapaian yang telah dicapai program reformasi Polri di Aceh untuk menentukan kebijakan dan strategi apa yang akan diterapkan.

Terimakasih saya ucapkan kepada Tim Penyusun dari Lembaga Suar Galang Keadilan atas kerja keras mereka membantu saya menulis buku ini, bagian per bagian hingga selesai. Semoga LSGK selalu konsisten memberi dukungan kepada proses reformasi Polri.
Terimakasih pula saya ucapkan kepada semua tokoh yang bersedia menyumbangkan pendapat pribadi mereka. Saya menganggap semua opini adalah masukan berharga bagi saya sebagai individu untuk selalu memperbaiki diri, dalam upaya untuk terus mengukir nama di batu cadas. Tidak ada penghargaan yang lebih tinggi yang dapat saya berikan selain ucapan kata terimakasih banyak.
Tak ada gading yang tak retak, demikian juga kami sebagai manusia biasa. Jadi jika ada kesalahan dalam penulisan di buku, atau hal-hal yang tidak berkenan, saya dan tim penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhir kata, selamat membaca.
Wassalmu’alaikum Warahmatullahi-Wabarakatuh,

Banda Aceh, 1 Juni 2012,

Iskandar Hasan


Pengantar Tim Penyusun

Buku ini bukan biografi. Buku ini diterbitkan atas ide Irjen Pol Drs. Iskandar Hasan, S.H., M.H., atau yang lebih familiar dengan sebutan Pak Is, dengan maksud untuk sharing best practises, berbagi pengalaman dan pokok-pokok pemikiran dalam semangat beliau sebagai orang tua, pembina dan pembimbing banyak anggota polisi, dan anggota masyarakat lainnya. Pak Is mengharapkan semoga pengalaman-pengalaman yang terdokumentasi ini bisa menjadi pembelajaran bagi generasi yang lebih muda.
Isi buku disusun berdasarkan tulisan-tulisan Pak Is, hasil wawancara-wawancara dengan beliau di saat senggang, dan dilengkapi foto-foto dokumentasi pribadi Pak Is maupun dokumentasi resmi Polda Aceh.
Tim Penyusun membantu Pak Is menyusun rangkaian ide, gagasan, pokok pikiran dan pemikiran beliau ke dalam beberapa angle. Termasuk tambahan sudut pandang orang ketiga dalam “Kata Mereka tentang Iskandar Hasan” yang mencoba memberi sudut-sudut pandang lain. Bagian ini kami harap berguna bagi pembaca untuk menilai sendiri dengan lebih jelas sosok Pak Is, khususnya dalam kapasitas beliau sebagai polisi, pemimpin polisi di Aceh selama 2 tahun (2011 – 2012) dan secara pribadi.
Dalam “Pembinaan Internal Polda di Polda Aceh”, Tim Penyusun banyak menggunakan dan merangkaikan penuturan dan fakta asli yang didapat dari beberapa pejabat utama Polda Aceh, termasuk Wakapolda Aceh, Brigjen Pol. Setyanto, S.H., yang terlibat langsung dalam kepemimpinan pembinaan ‘polisi-nakal’ di Aceh.
Beberapa kutipan kata-kata masyarakat di “SMS online Kapolda” juga dikumpulkan dan dibagi kepada pembaca. Semua coba disajikan semirip mungkin dengan teks aslinya. Akan tetapi, sensor harus dilakukan karena ada nama atau keterangan lain yang tidak dapat dipublikasikan.
Tim Penyusun berusaha menyajikan buku ini dengan tulisan sesederhana mungkin, yang mudah dibaca tanpa banyak istilah. Banyak singkatan dan istilah kepolisian dipakai oleh Pak Is dan beberapa narasumber lain. Penjelasan singkat untuk singkatan, istilah kepolisian dan istilah-istilah lain tersebut kami kumpulkan dalam end-notes. Sehingga para pembaca dari kalangan Polri atau orang Aceh yang sudah familiar dengan istilah-istilah tersebut, tidak akan merasa terganggu.
Selama proses penyusunan buku ini kami sangat antusias, jadi semoga pembaca menemukan antusiasme yang sama ketika membacanya.

Tim Penyusun,
Lembaga Suar Galang Keadilan
Kantor Kerjasama Polda Aceh – LSGK (sebelah PJR),
Jl. T. Nya Arief Jeulingke, Banda Aceh 23114, Indonesia.
Telp. +62 651 712 7002, Fax. +62 651 7555525
e-mail: admin@suargalangkeadilan.org
http://www.suargalangkeadilan.org

Bagi yang berminat segera hubungi Spripim Polda Aceh
An. Athmad . RL, S.Sos. MM hp 08126949398
email : athmadrafli@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar