Senin, 03 September 2012

PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA


PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA (Tangguh dalam Belajar, Displin & Anti Narkoba)


PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA

Pendidikan karakter telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) pemerintah tahun 2005 hingga 2025. Tahun 2010 sampai 2015 pendidikan karakter menjadi program unggulan. Tahun 2012 diharapkan 25% sekolah di Indonesia bisa menerapkan pedidikan karakter. Untuk tahun 2015 diharapkan semua sekolah telah melaksanakan pendidikan karakter.

EMPAT KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN OLEH MAHASISWA

1.       OLAH HATI : Mengembangkan aset yang terkait dengan Tuhan (hablum minallah)
          sehingga bisa bekerja dengan ikhlas 
2.       OLAH PIKIR : Mengembangkan aset yang terkait dengan akal agar bisa berfikir jernih
          dan cerdas 
3.      OLAH RASA/KARSA : Mengembangkan aset yang terkait dengan hubungan antar sesama (hablum minannas) 
4.       OLEH RAGA : Mengembangkan aset fisik agar selalu sehat dan bisa bekerja dengan keras

“Ali bin Abi Tholib “ pernah berpesan
 Kebaikan yang tidak diorganisir dengan baik akan dengan mudah dihancurkan oleh kemungkaran yang diorganisir dengan baik


HAKEKAT KARAKTER DAN KEPRIBADIAN

karakter adalah : kumpulan tata nilai yang menuju pada suatu sistem, yang melandasi pemikiran, sikap, dan perilaku yang ditampilkan (Simon Philips  dalam quari)
KARAKTER SAMA DEGAN KEPRIBADIAN
Kepribadian dianggap sebagai ciri, atau karakteristik, atau gaya, atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan (Doni Koesoema dalam quari)
Kedua, istilah karakter tersebut erat kaitannya dengan “personality”. Seseorang baru bisa disebut “orang yang berkarakter” (a person of character) apabila tingkah lakunya sesuai kaidah moral.

-        Apabila seseorang berperilaku tidak jujur, kejam, atau rakus, tentulah orang tersebut
          memanifestasikan perilaku buruk. Sebaliknya,
-        Apabila seseorang berperilaku jujur, suka menolong, tentulah orang tersebut memanifestasikan
          karakter mulia. 

Karakter & Kepribadian tersebut berkontribusi besar dalam mewujudkan sepenuhnya potensi dan cita-cita seseorang dalam membangun kehidupan yang baik, yang bermanfaat bagi dirinya, orang lain, dan Bangsa serta Negara.


PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi beradab. Pendidikan bukan merupakan sarana transfer ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih luas lagi yakni sebagai sarana pembudayaan dan penyaluran nilai (enkulturisasi dan sosialisasi). Anak harus mendapatkan pendidikan yang menyentuh dimensi dasar kemanusiaan. Dimensi kemanusiaan itu mencakup sekurang-kurangnya tiga hal paling mendasar, yaitu:

(1)     Afektif yang tercermin pada kualitas keimanan, ketakwaan, akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur
           serta kepribadian unggul, dan kompetensi estetis; 
(2)      Kognitif yang tercermin pada kapasitas pikir dan daya intelektualitas untuk menggali dan
           mengembangkan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; dan 
(3)      Psikomotorik yang tercermin pada kemampuan mengembangkan ketrampilan teknis, kecakapan
           praktis, dan kompetensi kinestetis. 


9 INDIKATOR KARAKTER

(1)          Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNya (love God, trust, reverence, loyalty)
(2)          Tanggung jawab Kedisiplinan dan Kemandirian (responsibility, excellence, self reliance,      
              discipline, orderliness)
(3)          Kejujuran/Amanah dan Arif (trustworthines, honesty, and tactful)
(4)          Hormat dan Santun (respect, courtesy, obedience)
(5)          Dermawan, Suka menolong dan Gotong-royong/Kerjasama (love, compassion, caring, empathy,      generousit, moderation, cooperation)
(6)          Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja keras (confidence, assertiveness, creativity, resourcefulness,
              courage, determination, enthusiasm)
(7)          Kepemimpinan dan Keadilan (justice, fairness, mercy, leadership)
(8)          Baik dan Rendah Hati (kindness, friendliness, humility, modesty)
(9)          Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan; (tolerance, flexibility, peacefulness, unity)


FUNGSI DAN PERAN PARA DOSEN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA

Pendidik (Dosen) yang  profesional mempunyai tugas  utama yaitu : 
(1)          Mendidik
(2)          Mengajar
(3)          Membimbing
(4)          Mengarahkan
(5)          Melatih 
(6)          Menilai dan mengevaluasi

Dalam mengemban tugas utama seorang Dosen yang profesional harus memiliki beberapa indikator yang berkarakter. Indikator yang berkarakter dimaksud adalah sebagai berikut :

(1)          Memiliki Pengetahuan yang luas dan mengamalkannya dalam kehidupan  sehari-hari secara aktif
(2)          Meningkatkan kualitas keilmuan secara berkelanjutan
(3)          Zuhud dalam kehidupan, mengajar dan mendidik untuk mencari ridho Tuhan
(4)          Bersih jasmani dan rohani
(5)          Pemaaf, penyabar, dan jujur
(6)          Berlaku adil terhadap peserta didik dan kepada semua stakeholders pendidikan
(7)          Mempunyai watak dan sifat robbaniyah yang tercermin dalam pola pikir, ucapan, dan tingkah laku
(8)          Tegas bertindak, profesional, dan proporsional
(9)          Tanggap terhadap berbagai kondisi  yang mungkin dapat mempengaruhi jiwa, keyakinan, dan  pola
               pikir peserta didik 
(10)        Menumbuhkan kesadaran diri sebagai da’i.


LIMA PILAR UNTUK BELAJAR BAGI PARA MAHASISWA

(1)            Belajar untuk mengetahui (learning to know)
(2)            Belajar untuk melakukan (learning to do)
(3)            Belajar untuk hidup bersama (learning to live together)
(4)            Belajar untuk menjadi diri sendiri (learning to be)
(5)            Belajar beriman dan bertaqwa (learning to beliaeve in God)


DATA KASUS TP NARKOBA & UPAYA POLDA ACEH DALAM P4GN









GIAT POLDA ACEH PROGRAM ALTERNATIF DEVELOPMENTKEPADA MASYARAKAT ACEH


1.  BAPAK KAPOLDA ACEH MENCANANGKAN PRGRAM ALTERNATIF DEVELOPMENT DGN 
     MEMBERIKAN TANAMAN POHON NAGA UNTUK BEKAS LAHAN TANAMAN GANJA
2.  PEMBERIAN BANTUAN OPERASIONAL PESANTREN AR-RABBWAH KEC. KUTA MALAKA KAB.
     ACEH BESAR OLEH BAPAK KAPOLDA







1 komentar: