Minggu, 09 September 2012

TRUK ANGKUT TIGA TON GANJA DITANGKAP JAJARAN POLRES PIDIE


* Satu Mobil Hyundai Turut Diamankan

Tim gabungan Polres Pidie dari Polsek Muara Tiga, Satuan Intelkam, Reskrim dan Narkoba menangkap truk yang mengnangkut tiga ton ganja.

Ganja itu dimasukkan ke dalam 40 kardus. Setiap kardus berisi 40 paket ganja yang telah dipaket ukuran 1 kg. Ganja yang ditaksir senilai Rp 7,5 miliar itu, direncanakan hendak diselundupkan ke luar Aceh menggunakan truk jenis Colt Diesel warna kuning BL9354AL.

Polisi menghentikan truk di Gampong Papeun, Kecamatan Muara Tiga, Pidie, sekira pukul 01.00 WIB. “Kami juga mengamankan satu mobil mewah jenis Hyundai Tucson warna hitam BK6741XY, diduga milik pelaku di lokasi penangkapan,” kata Kapolres Pidie, AKBP Dumadi, melalui Kasat Narkoba, AKP Aiyub.

Penangkapan terhadap tiga ton ganja yang telah dipaket itu berawal dari laporan masyarakat, bahwa ada truk berisi ganja berangkat dari Aceh Besar menuju luar Aceh dan akan melintasi jalan nasional di Pidie. Ternyata informasi tersebut diketahui pelaku. Sehingga sesampai di Simpang Beutong, Kecamatan Muara Tiga. Sopir membelokkan truk kekiri (arah dari Banda Aceh) menuju Laweung ibukota Muara Tiga. Saat melintasi jalan Laweung mobil Hyundai berada di belakang truk. Sesampai di Gampong Papeun, ternyata truk berisi ganja itu terperosok ke dalam saluran air. Adapun Hyundai habis bahan bakar (BBM).

Keberadaan dua mobil itu sempat dicurigai warga sekitar. Sehingga warga melaporkan kepada Polsek Muara Tiga. Personil polsek dibantu dari satuan narkoba, Intelkam, reskrim menuju ke lokasi kejadian. Penangkapan tersebut dipimpin Kasat Narkoba Polres Pidie, AKP Aiyub. Jarak Gampong Papeu dengan Sigli sekitar 45 kilometer dan 8 kilometer dengan kota kecamatan. “Saat kami berada di lokasi,  hanya truk berisi ganja dan satu mobil jenis Hyundai yang ditinggalkan pemiliknya. Sedangkan pelaku diduga melarikan ke hutan. 30 personil polisi yang kami kerahkan dengan dilengkapi senjata api laras panjang sempat menyisir lokasi itu, tapi pelaku tidak berhasil diringkus.

Penggrebegan dalam penangkapan pengedar ganja antar provinsi itu, diduga berat telah lebih dahulu bocor. Sehingga pelaku yang belum diketahui jumlah dan indentitasnya itu berhasil kabur. “Hingga kini kasus penangkapan BB tiga ton ganja itu masih kita kembangkan. BB ganja, truk dan Hyundai telah kami amankan di Mapolres Pidie. Ganja itu berasal dari Aceh Besar, hendak diedarkan ke luar Aceh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar